CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

WebcouNter

My BanD

My BanD

wHat TiMe is iT ???

08 November 2007

07/11/2007 06:46 PameranPatung Unik Berbahan Gabus
Liputan6.com, Jakarta: Patung berbahan dasar kayu tentu sudah biasa. Namun jarang terdengar patung terbuat dari gabus atau styrofoam yang notabene jarang dipakai untuk membuat patung. Tapi justru di situlah keunikan dari karya Jhonny Basri sang pematung.
Tema yang disampaikan Jhony memberi makna sosial mendalam. Jhonny tak sembarangan menentukan tema karena karya pahatannya memiliki tema dan judul unik. Karya yang diberi judul Digigit Semut, misalnya. Menggambarkan anak lelaki yang menggaruk bagian vitalnya karena gatal digigit semut. Patung itu mampu menggambarkan kedigdayaan seseorang dapat runtuh dengan alasan yang tak terduga.
Pahatan patung berjudul Poligamis Gak Butuh Celana. Tidak perlu dijelaskan lagi karena patung ini menggambarkan pria dengan pakaian namun tidak dilengkapi celana untuk menutup kemaluannya. Pengunjung kagum akan karya-karya pematung asli Yogyakarta ini. Melalui karya patungnya, Jhonny juga ingin menyuarakan protes sosial seperti pada patung dengan judul TKW Pulang Bunting.
Selain menggunakan styrofoam, Jhonny juga memakai media kayu tapi dengan teknik berbeda. Dia menggunakan kapak agar teksur kayu masih terlihat. Tema patung menarik lainnya masih bisa dilihat sampai 8 November mendatang di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.(YNI/Vivi Oktoreza dan Dedi Sunandar)

Tidak ada komentar: